Transparansi Ciri Pemerintahan yang Baik

350
Ahmad Fairozi Membaca
Ahmad Fairozi Membaca

Sumenep, Rumah Baca Orid
Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan ciri utama pemerintahan yang baik. Dengan menerapkan transparansi dan KIP tadi, pemerintah memiliki iktikad dalam menciptakan tata kelola menuju Good Government.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ahmad Fairozi, Pendiri Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID), Selasa, (7/3/2017), saat dimintai keterangan, mengatakan, bahwa Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik itu merupakan ciri utama system pemerintahan yang baik.

“Untuk dapat mencapai Tata Pemerintahan yang Baik, syarat utamanya adalah Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik”. Ungkapnya.

Baca Juga: Keterbukaan Informasi Publik Penting

Fairozi menegaskan, dua hal tadi, adalah domain yang wajib di jalankan oleh pemerintah, untuk mencapai pada Good Government tadi.

“Jika dua domain tersebut belum dilakukan, atau aksesnya dipersulit, maka sudah dapat dipastikan ada kongkalikong dibalik semua itu, dan itu bukan ciri pemerintah yang baik”. Ucapnya.

Masyarakat, diimbuhkan Fairozi, agar sadar, bahwa dirinya memiliki hak untuk tau terhadap apa yang dilakukan dan diprogramkan oleh pemerintah.

“Karena itulah tuntutan reformasi kita, yakni tegakknya sistem demokrasi”. Urainya. (Va)

Facebook Comments