Teroris Diantara Negara dan Agama

235

Oleh: Zainal Arifin, S.H*

Apa sebenarnya teroris itu? Teroris adalah istilah yang dikemukakan oleh Ahli kontrateroris, yaitu sebuah serangan-serangan yang terkoordinasi guna membangkitkan perasaaan teror kepada sekolompok masyarakat. Karena berbeda dengan perang, terorisme sendiri tidak mempunyai aturan main layaknya sebuah peperangan dan kerap kali korban yang ditimbulkan adalah warga sipil, dan teragisnya korban dari warga sipil itu sendiri tidak mengenal usia bahkan jenis kelamin, baik tua, muda, bayi, lelaki atau perempuan bisa saja menjadi korban keberutalan teroris itu sendiri, karena target mereka tidak bisa ditebak dalam artian, teroris mempunyai target yang acak (1).

Istilah teroris sendiri menjadi populer pada abad ke 18 yang sering disebut Terorisme Modern (2). Menurut Grant Wardlaw dalam buku Political Terrorism (1982), manifestasi Terorisme sistematis muncul sebelum Revolusi Perancis, tetapi baru mencolok sejak paruh kedua abad ke-19. Dalam suplemen kamus yang dikeluarkan Akademi Perancis tahun 1798, terorisme lebih diartikan sebagai sistem rezim teror (3).

Namun menjadi aktual terutama sejak terjadinya peristiwa World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat pada tanggal 11 September 2001, dikenal sebagai “September Kelabu”, yang memakan 3000 korban. Serangan dilakukan melalui udara, tidak menggunakan pesawat tempur, melainkan menggunakan pesawat komersil milik perusahaan Amerika sendiri, sehingga tidak tertangkap oleh radar Amerika Serikat. Tiga pesawat komersil milik Amerika Serikat dibajak, dua di antaranya ditabrakkan ke menara kembar Twin Towers World Trade Centre dan gedung Pentagon (4), dimana Video saat kejadian berlangsung sempat tertangkat kamera, namun hingga kini pun sebagian besar orang masih bertanya-tanya, apakah kejadian di amerika tersebut adalah sesuatu yang memang disebabkan oleh teroris? Karena banyak video penyangkalan-penyangkalan yang ada hingga sesuatu yang mencurigakan dan tidak masuk akal dapat dilakukan oleh sekelompok orang dinegara yang terkenal dengan system keamanannya super dahsyat dan ketat.

Facebook Comments