Ternyata Pertamini Ilegal

422
Menteri Rini Mempertanyakan Keberadaan Pertamini

Sumenep, Rumah Baca Orid
Sejak dua tahun terakhir pertumbuhan pertamini di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus mengalami perkembangan cukup signifikan. Sayangnya, keberadaannya tanpa payung hukum yang jelas.

Baca Juga: Pom Mini dan Regulasinya

”Sampai saat ini belum ada payung hukumnya, bahkan pemerintah daerah tidak pernah satupun mengeluarkan izin, baik izin operasional maupun IMB (izin mendirikan bangunan),” kata Mustangin, Kepala Bagian Perekonomian, Setkab Sumenep.

Baca Juga: Mempertanyakan Akurasi Takaran Pom Mini

Pemerintah daerah tidak mengeluarkan izin karena regulasi dari atas belum ada yang mengatur, baik undang-undang, peraturan pemerintah, maupun dari Pertamina.

Baca Juga: Menteri Rini Mempertanyakan Keberadaan Pertamini

Menurutnya, pertumbuhan pertamini secara tidak langsung berpotensi mematikan pengecer bensin yang telah lama beroperasi. Sebab, banyak pengecer selama ini yang tidak mendapatkan premium di SPBU. Itu disebabkan karena pihak SPBU telah menjual bensin kepada pengelola pertamini.

Baca Juga: Pom Mini Lahirkan Praktek Monopoli Usaha Perdagangan

”Kami sudah duduk bersama, baik pengelola SPBU maupun pertamina. Kenapa SPBU jor-joran menjual BBM kepada pertamini, karena SPBU belum tahu dan pertamini diangap sudah punya izin dari Pertamina, padahal tidak,” ungkapnya. (KoranMadura)

Salah satu pertamini yang saat ini telah beroperasi. (KoranMadura)

Artikel Terkait

Baca: Premium yang Semakin Langka
Baca: Kelangkaan Premium di SPBU

Facebook Comments