Sumenep Diusulkan Pemekaran Oleh Gubernur Sukarwo

282
Pakde Karwo
Pakde Karwo

Jawa Timur, Rumah Baca Orid
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo (Pakde Karwo) sepakat dan mendukung wacana Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim untuk melakukan pemekaran sejumlah Kabupaten/Kota di Jatim.

Pakde Karwo beralasan, pemekaran wilayah kecamatan di tingkat kota dan pemekaran kabupaten dengan membentuk Pemkot baru sangat diperlukan.

“Pertimbangannya adalah jumlah penduduk sudah tak sebanding dengan daya dukung sumber daya yang tersedia”. Ucapnya. Seperti dilansir dari MataMaduraNews.com Sabtu, (11/3/2017).

Ada sepuluh Kabupaten/Kota yang diusulkan pemekaran, diantaranya terdiri dari lima Kabupaten yang diusulkan dimekarkan, kemudian lima Kota yang diusulkan Kecamatannya dimekarkan.

Kesepuluh itu (Kabupaten/Kota-red), dinilai Pansus memiliki jumlah penduduk  yang terlalu padat. Sehingga tak sebanding dengan daya dukung sumber daya yang dimiliki. Akibatnya, program pengentasan kemiskinan di Jatim menjadi lambat.

Adapun Kabupaten yang diusulkan dimekarkan diantaranya; Malang, Jember, Sidoarjo, Bojonegoro, dan Sumenep. Sedangkan Kota yang diusulkan kecamatannya dimekarkan adalah; Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Madiun, dan Kota Batu. (Va)

Facebook Comments