PMII Country Malang Tanamkan Semangat Literasi untuk Tumbuhkan Minat Menulis Kader

478
PMII Counyry Unitri Malang saat memfasilitasi latihan kepenulisan kader dalam program Gerakan Literasi Country (Ist)

Malang, Rumah Baca Orid
Minimnya kader PMII Country Unitri Malang yang mampu menulis baik berita maupun opini dan karya sastra, Pengurus Komisariat PMII Country Unitri Malang melalui Bidang Eksternal mengadakan program Gerakan Literasi.

Program tersebut bertujuan tak lain untuk menumbuhkan minat menulis kader dan sebagai wadah melahirkan penulis-penulis berbakat di masa depan. Terlebih, PMII Komisariat Country Unitri Malang memiliki media publikasi sendiri, yakni pmiicountry.or.id.

“Saya melihat website yang ada di Country tidak terkelola secara maksimal, makanya saya punya ide untuk mengadakan kegiatan ini. Kita punya media tapi tidak ada tulisannya kan rugi,” ungkap Abdullah, Wakil Ketua Bidang Eksternal PMII Country di sela-sela pelaksanaan kegiatan Gerakan Literasi kedua, di Aula Komisariat Country, Jumat, 23 November 2018.

Sebelumnya, Gerakan Literasi Country tahap pertama telah usai dilaksanakan pada pekan sebelumnya (16/11/2018). Acara itu dihadiri oleh Latif Fianto, mantan wartawan Malang Post. Dalam kegiatan tersebut, peserta diajarkan membuat kerangka penulisan berita dengan model piramida terbalik serta bagaimana mengambil angel berita yang berbeda dan menarik.

Dilanjutkan Aab, sapaan akrab Abdullah, dia meyakini jika kader Country telah mempunyai kemampuan untuk menulis, hanya saja hal itu perlu ditingkatkan dengan memaksimalkan pelatihan.

“Sebenarnya, kader-kader Country sudah mempunyai kemampuan dalam menulis, tapi masih perlu dilatih dan difasilitasi agar terbiasa menulis. Kegiatan ini saya sudah tetapkan menjadi rutinitas setiap malam Sabtu agar tidak terlalu lama renggang waktunya,” jelas Aab, pemuda pecinta buku-buku filsafat tersebut.

Aab berharap, ke depan website PMII Country tidak kekurangan tulisan. Minimal dengan diadakannya kegiatan ini akan ada 4 sampai 5 berita yang dimuat dalam seminggu. Terlebih lagi, dalam beberapa waktu yang akan datang Pengurus Komisariat dan Pengurus Rayon akan menyelenggarakan banyak program yang sudah ditetapkan dan disepakati dalam rapat kerja.

Selain kegiatan ini, pemuda yang pernah menjadi reporter media kampus itu, mencanangkan sebuah program kerja baru yang digagas bersama dengan anggota di Bidang Eksternal lainnya yaitu, Gerakan Country Membaca. Program kerja baru tersebut sebagai pengembangan dari Gerakan Literasi Country yang sudah berjalan sesuai dengan konsep yang diinginkan.

“Diharapkan, kegiatan tersebut menjadi sebuah batu loncatan untuk PMII Country ke depan, dan sebagai ciri khas yang harus dimiliki oleh mahasiswa, terutaman kader-keder Country. Dengan kesadaran akan minat baca yang tinggi, juga menentukan cakrawala berfikir dan tentunya mempunyai kemampuan lebih dalam soal keilmuan terutama dalam menulis,” harap pemuda yang juga mantan Ketua PMII Rayon Nusantara tersebut. (maman/fairozi)

  • 52
    Shares

Facebook Comments