Khotbah Idul Fitri, Kiai Syihabuddin: Mari Lanjutkan Perbuatan Baik selama Ramadan di Bulan Syawal

981
Kiai Syihabuddin saat memberikan khotbah Idul Fitri 1439 Hijriyah di Masjid Baitur Rohmah Dusun Bungkandang Desa Ketawang Laok Kecamatan Guluk-guluk Sumenep Madura. (Ahmad Fairozi)

Sumenep, Rumah Baca Orid
Kiai Syihabuddin menyerukan untuk melanjutkan segala perbuatan baik yang dilakukan umat muslim selama bulan Ramadan di bulan Syawal.

Hal itu disampaikan Kiai Syihabuddin saat memberikan khotbah Idul Fitri 1439 Hijriyah, Jumat, 15 Juni 2018. Menurutnya, di bulan Ramadan, umat muslim telah melewati berbagai tantangan untuk menjalani puasa dengan menahan hawa nafsu.

“Maka, di bulan Syawal ini, kita lanjutkan perbuatan baik yang kita lakukan selama bulan Ramadan sebagai implementasi dari kemenangan kita melawan hawa nafsu selama sebulan penuh,” ajaknya.

Selain itu, Kiai Syihabuddin juga menyerukan untuk melaksanakan sunnatullah, yakni melakukan puasa selama enam hari selama bulan Syawal. “Mari kita juga melaksanakan sunnatullah dengan melakukan puasa selama enam hari di bulan Syawal,” pintanya.

Kiai Syihabuddin menjelaskan, di bulan Ramadan, kita telah membersihkan diri dari segala perbuatan yang dilarang dengan tidak menuruti hawa nafsu. Maka, lanjutnya, di bulan Syawal ini, kita juga harus melanjutkannya.

“Sebulan penuh kita telah menolak menuruti hawa nafsu, maka bulan-bulan setelahnya, kita jaga hal itu,” paparnya.

Selain itu, kita diwajibkan untuk membayar zakat dan dianjurkan untuk bershodaqoh. “Oleh karenanya, kita harus menyisihkan sebagian dari harta kita untuk menunaikan zakat dan memperbanyak shodaqoh,” lanjutnya.

Tak lupa, tambahnya, kita wajib menjaga kewajiban kita sebagai umat Islam untuk menunaikan perintah salat lima waktu. “Tak lupa, mari kita jaga perintah Allah SWT untuk melakukan salat lima waktu. Selain itu, untuk melaksanakannya, kita dianjurkan untuk melaksanakan salat dengan berjemaah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kiai Syihabuddin juga mengajak jemaah untuk bisa memakmurkan masjid. “Mamurkanlah masjid dengan melakukan salat berjemaah dan kegiatan keagamaan lainnya,” ungkapnya. (*/va)

Facebook Comments