Ketua Rumah Baca ID: Pancasila untuk Dihayati dan Diamalkan

534
Ketua Pengurus Harian Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID), Ahmad Fairozi. (dok. Rumah Baca Orid)

Sumenep, Rumah Baca Orid
Ketua Pengurus Harian Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID) Ahmad Fairozi mengatakan, Pancasila merupakan pedoman bangsa ini untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, dengan demikian, posisi Pancasila adalah untuk dihayati dan diamalkan dalam kehidupan keseharian kita di negeri tercinta ini. “Pancasila merupakan pedoman yang wajib dihayati dan diamalkan oleh seluruh komponen bangsa ini tanpa terkecuali,” katanya, Sabtu, 2 Juni 2018.

Baca: Mahfud MD: Pancasila Bukan Sekadar Ideologi, Tapi sebagai Batin Rakyat

Dilanjutkan Fairozi, dengan menghayati dan mengamalkan sila-sila dalam Pancasila, maka bangsa ini akan dengan sendirinya menjadi bangsa yang mandiri dan tidak mudah dihasut dalam bingkai perpecahan.

“Sebab, ketika sila-sila Pancasila dihayati dan diamalkan oleh seluruh komponen bangsa ini, tentu tidak akan mudah terhasut oleh kepentingan luar dan dalam yang akan merugikan,” jelasnya.

Baca: Majelis Pembina Rumah Baca ID: Pancasila Dijiwai oleh Bhinneka Tunggal Ika

Lanjutnya mengatakan, meski akhir-akhir ini marak aksi teror di beberapa daerah di Indonesia, bangsa Indonesia tidak terpengarus oleh aksi keji itu dan tetap guyub rukun dalam menyongsong kebangsaan.

Hal itu dapat dibuktikan, tambahnya, ketika kondisi kebangsaan kita hari ini tetap guyub rukun di tengah-tengah kemajemukan bangsa ini. “Meski teror telah menunjukkan geliat untuk memecah belah kondisi bangsa ini, nyatanya Indonesia tetap Indonesia,” tegasnya.

Baca: Direktur LK2P Rumah Baca ID: Pancasila sebagai Penenang Jiwa

Oleh sebab itu, imbuhnya, tepat kiranya jika Pancasila menjadi pedoman penghayatan dan diamalkan dalam kehidupan keseharian kita di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. “Selama Pancasila masih ada, saya rasa Indonesia tetaplah Indonesia yang tak mudah dihancurkan,” tandasnya. (Va)

Facebook Comments