Ini 3 Cara Menghafal Alquran yang Bisa Dicoba

609
Host Jazirah Islam Lydia Wijaya dan Amel Bellashen belajar menghapal Alquran. (Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7)

Aljazair, Rumah Baca Orid
Kota Tlemcen di Aljazair, dikenal sebagai pencetak hafiz. Di kota ini, ada salah satu masjid yang punya kegiatan hafiz Alquran bagi anak-anak.

Di masjid Sheikh Sanusi, demikian nama masjid tersebut, kegiatan menghapal Alquran dilaksanakan setiap habis zuhur hingga ashar setiap Jumat dan Sabtu.

Belasan anak rutin hadir mengisi waktu senggang. Salah satunya adalah Amel. Dia adalah penghapal Alquran yang sudah menorehkan prestasi tingkat nasional, sudah 6 kali dia menjadi juara di kompetisi hafizah di negeri tersebut.

Ada beragam metode yang digunakan untuk menghafal Alquran. Pertama, menghapalnya dan melantunkannya bersama-sama. Kedua, mengucapkan ayat Alquran sendirian, sambil dikoreksi apabila ada yang salah.

Yang ketiga, menggunakan metode penghapalan khas negeri Magribi. Tak hanya Aljazair, Maroko dan Tunisia menggunakan metode ini. Caranya, para santri setiap harinya harus menulis semua ayat Alquran yang akan dihafalnya di atas lauh atau papan.

Minimal lima ayat ditulis di lauh. Jika mampu, santri bisa menulis hingga 50 ayat. Setelah menulis, santri membacanya berulang kali.

Dengan menulis di atas papan, santri akan lebih teliti untuk menghafal, karena sudah menulis ayat-ayat Alquran dari mushaf.

Kelebihan lain yang didapat adalah kesabaran yang terus dilatih pada jiwa santri ketika menuliskan ayat demi ayat dari Alquran. Semua cara ini sudah dikuasai oleh Amel Bellashen.

Dengan ketekunan, dalam waktu tiga tahun dia sudah dapat menghapal Alquran 30 juz saat usia 12 tahun.

“Sebenarnya di masa itu banyak anak seusia saya memilih main. Tapi saya memilih untuk mengatur main dan menghapal Alquran secara seimbang. Tapi saya lebih fokus menghapal Alquran,” tutur Amel.

Amel mengaku, dia menghapal Alquran setiap selesai salat subuh dan isya. “Setelah salat subuh dan isya saya menghapalkannya. Dan setelah saya milih quran, Allah justru mempermudah semua termasuk dalam hal belajar di sekolah, saya selalu ada di peringkat pertama,” paparnya. (detik/va)

  • 7
    Shares

Facebook Comments