Hari Buku Dunia, Ahmad Fairozi: Generasi Muda Cerdas dengan Membaca

1181
Mereka Membacakan Kita Seribu Buku
Ilustrasi buku. (Istimewa)

Sumenep, Rumah Baca Orid
Hari buku dunia yang diperingati setiap tanggal 23 April harus menjadi momen refleksi generasi muda dalam melihat dunia. Hal itu diungkapkan Ketua Rumah Baca Indonesia Ahmad Fairozi, Senin, 23 April 2018.

Menurutnya, generasi muda harus cerdas dengan selalu melakukan hal positif bagi dirinya dan lingkungannya. “Untuk melihat dunia, gerenaris muda harus cerdas dengan membaca,” katanya.

Dikatakan Fairozi, dengan santernya arus globalisasi yang membebaskan manusia melakukan apa saja, menuntut para generasi muda untuk menjadi cerdas dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki.

“Globalisasi memberikan kebebasan terhadap manusia. Oleh sebab itu, kita harus cerdas melihat berbagai potensi yang kita miliki untuk memanfaatkan kebebasan yang dimiliki tadi. Tentu dengan melihat dunia dari berbagai sisi, termasuk dengan belajar dan membaca,” jelasnya.

Dilanjutkan Fairozi, ketika seseorang tidak pernah belajar dan membaca, maka akan sulit menemukan berbagai potensi diri yang dimiliki.

“Ada yang menyebut, membaca adalah pengalam berharga yang akan membuka cakrawala berpikir kita untuk tidak sempit melihat dunia,” tuturnya.

Tidak berlebihan kiranya, lanjut Fairozi, ketika orang rajin membaca akan menjadi orang yang tidak kagetan dan dinamis dengan perkembangan dunia.

“Minimal kita tahu, bahwa dunia tidak sesempit yang kita pikirkan. Ada banyak cara ketika pengalaman yang kita dapatkan dari membaca dapat kita pahami kemudian kita jalani,” tandasnya. (Va)

Facebook Comments