H Rahem: Untuk Mencapai Tatanan Masyarakat Madani, Mulailah Dari Diri Kita

321
Ahmad Fajar
Ahmad Fajar

Sumenep, Rumah Baca Orid
Untuk menciptakan tatanan masyarakat madani, kita harus memulainya dari diri kita untuk selanjutnya dapat mempengaruhi lingkungan sekitar kita.

H Rahem, salah satu tokoh masyarakat Dusun Bungkandang, Desa Ketawang Laok, saat ditemui di kediamannya, Sabtu, (3/12), mengatakan, untuk menciptakan tatanan masyarakat yang berbudi luhur dan berakhlak baik, realistisnya harus dimulai dari diri sendiri.

“Jika kita menunjukkan budi luhur dan akhlak yang baik, maka orang lain Insya Allah akan melihat kita sebagai orang yang baik, tanpa perlu kita mempromosikan diri sebagai orang baik”. Ungkapnya.

H Rahem melanjutkan, sekarang, tatanan moralitas masyarakat sudah mulai pudar dengan semakin berkembangnya pengaruh dominasi globalisasi.

“Dengan apa kita membekali diri? Sembari melontarkan pertanyaan, tambah H Rahem, beliau melanjutkan dengan menjawab, ya dengan menunjukkan perilaku baik kita terhadap lingkungan kita”. Tegasnya.

Rahem, sapaan akrabnya, menuturkan, mari jangan mengedepankan ego kita, biarlah orang lain yang menilai baik dan buruk sikap kita.

“Intinya, kita rubah dari kita dahulu, barulah kemudian berkembang meluas ke sekitar kita”. Tutupnya. (Va)

Facebook Comments

1 KOMENTAR