H Abd Jalal: Pendidikan Karakter, Ciri Utama Pendidikan Bangsa Indonesia

344

Sumenep – Pendidikan Karakter sudah dikenal di dunia timur sejak zaman dahulu kala, sebab pendidikan karakter sendiri sudah merupkan ciri utama pendidikan bangsa Indonesia.

H Abd Jalal, Majelis Pembina Rumah Baca ID, saat ditemui di kediamannya, Jumat, (4/11), mengatakan, Pendidikan Karakter sudah menjadi ciri utama budaya dan peradaban timur, yang notabene sangat bertolak belakang dengan sistem pendidikan yang ada di barat.

“Karena karakter adalah mengenai watak seseorang, maka ciri utama pendidikan timur, titik tekannya adalah moral”. Ungkapnya.

Abd Jalal menambahkan, di Indonesia, pendidikan karakter sudah ada sejak pertama kali didirikan pesantren Ampel Denta oleh Sunan Ampel yang kemudian dikenal dengan bagian dari walisongo (sembilan wali penyebar agama islam di pulau jawa-red).

“Benih pendidikan karakter sudah dikenalkan dan menjadi sistem pendidikan pesantren Ampel Denta yang diasuh oleh Sunan Ampel sendiri”. Terangnya.

Jalal menegaskan, pun demikian pesantren-pesantren lainnya hingga saat ini, sistem pendidikannya adalah pendidikan karakter.

“Itulah sistem pendidikan di Indonesia, yang ciri utamanya adalah pendidikan karakter”. Urainya mengakhiri. (Va)

Facebook Comments

1 KOMENTAR