D Zawawi Imron Sebut Jentampes Ponpes Tertua di Tanah Air

335
Sastrawan Madura asal Sumenep, D Zawawi Imron. (Ist)

Pamekasan, Rumah Baca Orid
Sastrawan Madura D Zawawi Imron mengatakan salah satu pondok pesantren (Ponpes) tertua se-Indonesia di antaranya ada di pesisir pantai utara (Pantura) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Itu diketahui setelah Prof, Dr. Mastuhu melakukan penelitian Ponpes tertua yang ada di tanah air.

Sayangnya, Prof. Mastuhu meninggal dunia sebelum menyelesaikan penelitiannya, sehingga lokasi pesantren yang dimaksud belum diketahui pasti hingga detik ini. Namun informasi yang didapat pria dengan julukan celurit emas itu, lokasi pesantren ada di Desa Sotaber, Kecamatan Pasean, Pamekasan.

“Kata sesepuh yang ada di pantura, lokasi pesantrennya ada di Desa Sotaber, cuma saya tidak bisa memastikan dan menambah, karena bukan hasil penelitian,” kata D. Zawawi Imron, usai mengisi acara pengajian akbar yang diselenggarakan Pemkab Pamekasan di Arek Lancor, seperti dilansir koranmadura.com, Selasa, 13 Oktober 2015 lalu.

Ia menjelaskan, hasil penelitian Prof. Mastuhu menunjukkan, pesantren tersebut berdiri 4000 tahun sebelum Wali Songo menyebarkan Islam. Menurutnya, nama pesantren itu adalah Jentampes.

“Saya baca buku hasil penelitian Prof. Mastuhu bahwa salah satu pesantren tertua se Indonesia ada di wilayah Pantura Pamekasan, selebihnya saya tidak bisa memastikan,” paparnya.

Untuk memastikan keberadaan pesantren dimaksud, pria asal Desa Batang-Batang Sumenep itu meminta kepada Pemkab Pamekasan untuk melacak dan mencari data terkait pesantren itu agar diketahui sejarah dan keberadaannya. “Saya harap pemerintah dan masyarakat bisa melacak keberadaan pesantren tertua ini,” harapnya saat itu. (koranmadura.com/fai/va)

Facebook Comments