BUMDes, Contoh Kemandirian Desa

620
BUMdes
BUMdes

Sumenep – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah contoh konkret kemandirian Desa dalam  usaha mensejahterakan masyarakatnya.

Ahmad Fairozi, Ketua Rumah Baca ID, saat ditemui di sekretariat Rumah Baca ID, Senin, (31/10), mengatakan, Desa sebagai pemerintah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, harus punya solusi konkret dalam usaha mensejahterakan masyarakatnya. BUMDes adalah salah satu contohnya.

“Badan tersebut sejatinya dibentuk dan difasilitasi oleh aparatur pemerintah Desa terkait, tujuannya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat agar menjadi lebih baik”. Sambungnya.

Fairozi mencontohkan, misalnya, apabila penduduk Desa mayoritas petani, maka pemerintah Desa menyediakan fasilitas berupa mesin penghancur sampah untuk kepentingan produksi pupuk.

“Selain membuka lahan pekerjaan baru bagi non petani, hasil kerjanya pun langsung bisa terdistribusikan langsung terhadap petani, karena pertanian tidak akan pernah lepas dari kebutuhan akan pupuk sebagai penyubur tanah”. Urainya.

Fairozi menambahkan, dengan demikian, pemerintah Desa dengan BUMDesnya serta petani dengan pekerjaannya dapat saling membutuhkan dan bekerja sama. Hal tersebut akan menjadikan motivasi Desa untuk menjadi mandiri. (Va)

Facebook Comments