Begini Cara Jack Ma Yakinkan Rekannya untuk Mendukung Alibaba

453

Ini Pidato Jack Ma saat Yakinkan Rekannya untuk Mendukung Alibaba

Jack Ma jadi kaya raya bukan karena sulap ataupun sihir. Kerja keras, visi dan keberuntungannya membuat Ma sesukses saat ini.

Tengok saja pidatonya yang penuh inspirasi saat dulu mencoba meyakinkan teman-temannya untuk mendukung Alibaba.

Waktu itu tahun 1999. Next Shark mengungkapkan, Ma mengumpulkan 17 teman di apartemennya yang cuma punya 1 kamar.

Dia berpidato penuh motivasi agar teman-temannya mau mendukung Alibaba sepenuhnya dengan kerja keras dan pengorbanan. Berikut apa yang dia katakan waktu itu, saat dia masih belum kaya dan terkenal.

“Hari ini, kita di sini untuk mendiskusikan apa yang harus kita lakukan dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,” kata Ma yang disimak dengan seksama oleh rekan-rekannya.

“Jadi akan menjadi apa Alibaba di masa depan? Aku selalu berkata kompetitor kita bukanlah website domestik, tapi website mancanegara. Kompetitor kita tidak di China melainkan di Silicon Valley di Amerika,” kata Ma.

“Jadi pertama-tama kita harus memposisikan Alibaba sebagai website global, tak hanya website domestik. Kedua, kita harus belajar semangat bekerja keras ala Silicon Valley,” tambahnya.

“Jika kita hanya bekerja mulai pukul 8 dan pulang jam 5, Alibaba takkan pernah sukses. Jika semangat kita cuma seperti itu, maka kita lakukan hal yang lain saja,” tandasnya.

“Orang Amerika kuat soal hardware dan sistem. Tapi dalam software dan informasi otak China sama bagusnya dengan mereka. Ini alasan kita berani berkompetisi dengan Amerika. Jika kita tim yang bagus dan tahu apa yang harus dilakukan, satu dari kita bisa mengalahkan sepuluh dari mereka,” kata Ma mengobarkan semangat.

“Kita bisa mengalahkan agen pemerintah dan perusahaan besar karena semangat inovasi kita. Kalau tidak begitu, apa bedanya kita dan mereka?,” tandasnya.

Di video ini pula, Ma memprediksi Yahoo akan jatuh, padahal saat itu Yahoo adalah raksasa teknologi yang disegani. Ramalannya itu terbukti tepat, Yahoo tak mampu melawan zaman dan terjungkal.

“Semua tahu internet itu adalah bubble yang terus membesar. Kapan akan meledak? Saham Yahoo akan jatuh dan eBay akan naik. Dan mungkin saham Alibaba akan naik seiring meningkatnya eBay. Jadi jangan khawatir, impian ini takkan kandas,” paparnya.

“Kita akan membayar harga yang menyakitkan dalam 3 sampai 5 tahun ke depan. Itulah satu-satunya cara untuk sukses. Jadi, targetnya adalah Alibaba akan IPO di 2002,” pungkas dia.

  • 2
    Shares

Facebook Comments