Abd Jalal Sebut Agustus Bulan Perjuangan

327
Ketua Majelis Pembina Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID), H. Abd. Jalal. (dok. Rumah Baca Orid)

Sumenep, Rumah Baca Orid
Majelis Pembina Rumah Baca Indonesia (Rumah Baca ID), Abd Jalal menyebut, bulan Agustus sebagai bulan perjuangan. Hal itu berdasarkan pada proklamasi kemerdekaan yang terjadi di bulan ini.

Selain itu, bulan Agustus juga menjadi momen penting pendirian Rumah Baca ID. “Bulan Agustus merupakan bulan perjuangan. Proklamasi kemerdekaan 73 tahun lalu dan Deklarasi Rumah Baca ID dua tahun lalu,” ungkapnya, Jumat, 17 Agustus 2018.

Jalal bercerita, sebelum Rumah Baca ID dideklarasikan 2 tahun silam, pihaknya selalu mendukung hal-hal positif yang hendak dikerjakan, termasuk All Out dalam membantu pendirian Rumah Baca ID. “Saya dimintai pendapat, maka saya dukung. Sebab itu hal positif,” katanya.

Mengapa memillih bulan Agustus sebagai deklarasi Rumah Baca ID? Sebab, menurutnya, persiapan pendirian Rumah Baca ID dinilai sudah baik. Selain itu, Agustus adalah bulan perjuangan. “Jadi, deklarasi Rumah Baca ID diharapkan untuk menjiwai spirit proklamasi kemerdekaan,” jelasnya.

Selain itu, naskah deklarasi Rumah Baca ID menjiwai arti penting kehidupan. “Untuk ikut memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tukasnya. (*/va)

Berikut naskah deklarasi Rumah Baca ID 2 Tahun silam:

Dengan rahmat Allah Yang Maha Esa, bahwa untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan ini kami menyatakan mendeklarasikan Rumah Baca Indonesia pada hari Jumat, tanggal 12, bulan Agustus, tahun 2016 dengan pembacaan Bismillahirrohmanirrohim.

Tim Deklarasi:
Abd. Jalal
Ahmad Fairozi
Ahmad Fadlur Rahman
Moh. Atiqurrahman
Muhammad Mahrus
Ach. Qudsi
Moh. Imroni Yusuf

  • 11
    Shares

Facebook Comments