Peserta KKN Universitas Annuqayah Dampingi Pengusaha Pattek Ikan di Desa Tambaagung Barat

Rumah Baca Orid Mahasiswi Universitas Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura, melakukan pendampingan praktek pembuatan Pattek Ikan yang dirintis oleh Ibu Ida, begitu panggilan akrab salah seorang warga Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten, Sumenep, yang memliki Home Industry (usaha rumahan).

Pendampingan mahasiswi ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tergabung dalam posko 02 yang berlokasi di Desa Tambaagung Barat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dalam Usaha Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) desa.

Sebagai pengusaha rumahan, Ibu Ida mengaku bahwa usahanya begitu laris di pasaran. Namun, hal yang membuatnya tidak punya kepercayaan diri untuk menjualnya ke toko-toko semi modern yakni karena alasan kemasan pruduk.

Kemasan Pattek Ikan yang Ibu Ida produksi selama ini hanya dengan menggunakan plastik bening yang direkatkan bagian atasnya. Dan dengan bantuan inovasi pengemasan yang mahasiswi berikan, kini kemasan pattek ikan yang diproduksi Ibu Ida sedikit lebih elok secara tampilan dengan menggunakan label produk.

Tidak hanya Ibu Ida yang mendapatkan inovasi pengemasan terkini, para peserta KKN juga mendapatkan pengetahuan tentang langkah-langkah pembuatan Pattek Ikan, mulai dari pemilihan bahan baku ikan yang segar, persiapan bumbu, hingga teknik pengolahan yang tepat.

“Saya sangat senang dengan partisipasi adik-adik peserta KKN, karena sudah mau membantu saya untuk membuatkan label produk Pattek Ikan ini. Jujur saya memang tidak tahu bagaimana cara untuk memasarkan produk ini hingga terjual ke toko-toko berkelas seperti swalayan, jadi atas kesediaan adik-adik KKN, saya mengucapkan banyak terima kasih,” ujar Ibu Ida.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk Pattek Ikan yang ada di Desa Tambaagung Barat, tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan masyarakat desa dalam melihat peluang ekonomi lokal. (Alifin Martini/Ahmad Fairozi)